Cari Blog Ini

Senin, 08 Juli 2013

rencana pelaksanaan pembelajaran



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                                :      SDN Soroyudan
Mata Pelajaran                   :      Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester                   :      2 [dua] / 1 [satu]
Pertemuan                          :      1 [satu]
Alokasi Waktu                    :      1 X 45 menit
Standar Kompetensi          :      1. Mempraktikan variasi gerak dasar melalui permainan dan aktifitas jasman, dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar              :      1.1 mempraktikan gerak dasar yang bervariasi meliputi: lari, lompat, mengayun, menekuk lutut , melempar, menbagai arah dalam permainan yang menyenangkan dan nilai kerja sama, toleransi, kejujuran, tanggung jawab, menghargai lawan dan menghargai diri sendiri
dikator Keberhasilan         :      melakukan gerak dasar yang bervariasi meliputi: lari, lompat, mengayun, menekuk lutut , melempar
1.                  Tujuan Pembelajaran:
1.                  Siswa dapat melakukan lemparan dengan baik dan benar.
1.      Karakter siswa yang diharapkan :  Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
2.                  Materi Ajar (Materi Pokok):
Gerak dasar melakukan gerak dasar yang bervariasi meliputi: lari, lompat, mengayun, menekuk lutut , melempar

3.                  Metode Pembelajaran:
4.                  Ceramah
5.                  Praktek

6.                  Langkah-langkah Pembelajaran
NO
GAMBAR
URAIAN
WAKTU
ALAT
Metode
1














 





































 





































 















5.       PENDAHULUAN (8 menit)
Dengan langkah-langkah sebagai berikut :
Guru menyiapkan
Siswa dibariskan menjadi dua sampai empat barisan
Berhitung, berapa jumlah yang ikut dalam pembelajaran
Berdoa
Presensi (mengecek kehadiran siswa) siapa saja yang masuk dan siapa yang tidak hadir Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap.
apersepsi
Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti dengan permainan
1. Siswa di bagi menjadi 2 kelompok yang sama banyak tim A dan tim B
2. Kemudian suit terlebih dahulu dan yang menang berhak melempar bola terlebih dahulu.
3. Setiap kelompok menempatkan angotanya pada daerahnya dan menyebar dan nantinya berusaha menangkap dan melempar bola yang datang.
4. Misal tim A yang menang dan berhak melempar bola terlebig dahulu sedabgkan tim B berusaha untuk menghalangi bola agar tidak melewati garis akhir.
5. Dan apabila bola melewati garis akhir tim B maka satu nilai untuk tim A begitu seterusnya

INTI (20 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
1.     Guru membagikan bola kepada setiap masing masing siswa
2.     Siswa disuruh melmbungkan bola sesukanya tidak terlalu tinggi dannberusaha menangkapnya sendiri
3.     Dan usahakan bola tidak keluar dari lapangan  yang telah di tentukan

Elaborasi
      Dalam kegiatan elaborasi guru:
1.      Membariskan siswa menjadi empat berbanjar.
2.      Membentuk 4 kelompok, setiap banjar 1 kelompok.
3.      Membentuk formasi segiempat, tiap kelompok menempati setiap sisinya.
4.      Setiap siswa memegang satu buah bola kecil.
5.      Setiap kelompok berusaha melempar bola kecil itu pada sasaran yang ada ditengah yaitu bola besar.
6.      Kelompok yang berhasil melempar sasaran sampai melewati garis lawan adalah pemenangnya.
7.      Kelompok yang kalah harus menerima sanksi yang diberikan oleh kelompok yang menang dengan tujuan memotifasi siswa.

Konfirmasi (5 menit)
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a.    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa terutama dalam gerakan melempar.
b.   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan tentang gerakan melempar yang baik dan benar.
PENUTUP (7 menit)
Pendinginan
Pada kegiatan ini para siswa melakukan gerakan pendinginan yaitu:
1.    Siswa dibariskan menjadi sebuh lingkaran dan siswa diberikan satu bola
2.    Bola tersebut akan dijalankan saat bernyanyi bersama sama dan saat lagu berakhir dola juga akn berhenti,
3.    Orang yang terakhir memegang bola maka berada di tengah
4.    Ulangi permainan tersebut sampai orang yang ada di tengah 3 orang dan 3 orang tersebut berhak atas hukuman yang diberikan dari siswa yang melingkarinya
·         Dibariskan, dengan formasi bersaf lurus.
·         Berhitung.
·                       Doa
Pasukan dibubarkan



3-5 menit















5-8 menit






















Peluit,
kapur, bola, Presensi






Ceramah,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar